Lokal

Bupati Dairi Tanam Bawang Varietas Baru di Parbuluan

Bupati Dairi Ikut Dalam Penanaman Bawang Merah

Sidikalang- Dairi Pers : Lahan pertanian milik aset Desa Bangun II, Kecamatan Parbuluan menjadi lokasi Demplot Percontohan (Pilot Project) Program Usaha Budidaya Perkebunan dan Holtikultura Kopi dan Bawang Merah.

Di Lahan seluas 1 Hektar itu  petani Desa Bangun melakukan penanaman perdana Bawang Merah dengan varietas yang baru yang bisa tumbuh di lahan dengan ketinggian hingga 1000 meter diatas permukaan Laut (dpl), Senin (11/08).

Dalam penanaman perdana ini, Bupati Dairi, Dr. Eddy Berutu ikut melakukan penanaman bawang merah  Tampak Hadir juga Kepala Dinas Pertanian Efendi Berutu, Camat Parbuluan Rafael Siringo-ringo, Kepala Desa Bangun II Japirin Sihotang dan  petani Desa Bangun II.

“Dengan ada kegiatan ini, untuk kedepannya kami mohon desa kami tetap diperhatikan, khususnya dalam hal penerapan teknologi dalam pengolahan lahan sebagaimana yang dilakukan dalam program deplot karang taruna provinsi ini sehingga bisa mengurangi jumlah tenaga sdm petani yang ada disini dan bisa semakin menambahkan pendapatan masyarakat desa kami,” ujar Kepala Desa Bangun II saat mengawali sambutan di acara itu.

Bupati Dairi Dr .Eddy  Berutu dalam arahannya menyampaikan ada dua hal yang penting dalam kegiatan yang digelorakan ke seluruh penjuru Indonesia yakni Petani  yang tangguh yang tetap produktif di masa Pandemi Covid-19 beserta respect pemuda kita yang luar biasa yang terlibat di bidang pertanian .

Dikatakan Bupati bisnis yang paling kompleks adalah bertani karena tergantung dengan alam dan faktor lainnya termasuk harga yang tidak menentu yang menjadi kendala para petani kita.

“Namun hal itu ditepis oleh petani yang tangguh . Ada tidak ada bantuan, petani kita tetap produktif karena petani kita tangguh sebagaimana yang ditunjukkan dalam kegiatan ditengah Pandemi” sebut Bupati. (Hen)