Kabupaten Pakpak Bharat Sosial

Bupati Dairi Hadiri Pembangunan Monumen Sortagiri

Bupati Dairi Dr Eddy saat menghadiri pembangunan monumen Sortagiri

Salak- Dairi Pers : Keturunan  Sorta Giri membangun monumen situs sejarah leluhur di Banu Harhar,Kecamatan Siempat Rube Kabupaten Pakpak Bharat, yang diyakini sebagai kampung atau tempat asal usul dari marga Padang, Marga Berutu dan Marga Solin. Peletakan batu pertama monument dilakukan sabtu  (12/6/2021) Bupati Dairi Dr. Eddy Berutu ikut dalam acara ini.

Sortagiri (Sori Tandang, Sori Gigi dan Punguten Sori) merupakan salah satu leluhur suku Pakpak yang merupakan cikal bakal sejarah silsilah marga Pakpak Suak Simsim  Marga Berutu, Padang dan Solin yang berdomisili di daerah Banu Harhar Tanoh Simsim pada ribuan tahun lalu yang saat ini masuk dalam administrasi wilayah Pakpak Bharat Sumatera Utara.

Sortagiri merupakan salah satu penduduk terbesar suku Pakpak di suak Simsim dan saat ini, umumnya mendiami  wilayah Kecamatan Siempat Rube,Tinada, STTU Julu, STTU Jehe dan di Kecamatan lain,

Ahmad Padang yang didampingi  Zulkarnain Berutu serta  Tigan Solin, Sabtu (12/06) mengatakan, bahwa pembangunan monumen  sortagiri ini merupakan rangkain acara lanjutan dari seminar adat budaya yang diakhiri nantinya dengan acara utama yaitu peresmian monumen sortagiri dan pesta persodipen sortagiri serta direncanakan dapat terlaksana pada Bulan Agustus  tahun 2021 mendatang.

” Pembangunan monumen ini merupakan niat kita untuk menghargai sejarah,menghargai leluhur serta  membangkitkan kembali semangat  suku Pakpak saat ini ” kata Zulkarnain Berutu.

Bupati Pakpak Bharat diwakili  Sekda Kabupaten Pakpak Bharat Sahat Banurea mengatakan  peletakan batu pertama pembangunan monumen yang terletak di tengah tengah areal perkebunan milik salah satu perusahaan di Banu Harhar, Kecamatan Siempat Rube, Kabupaten Pakpak Bharat,Sabtu (12/06).

Sekda Sahat Banurea sangat mengapresiasi acara pembangunan monumen sortagiri tersebut dan kegiatan ini merupakan  sebagai bagian dalam upaya membantu pemerintah melaksanakan visi misinya dibidang budaya Pakpak dan Pemerintah Pakpak Bharat merasa sangat terhormat atas undangan acara sortagiri  dimaksud karena sortagiri yang merupakan cikal bakal Marga Padang, Berutu dan Solin adalah marga dasar pemangku hak ulayat tanoh simsim yang menjadi wilayah administrasi Kabupaten Pakpak Bharat.

Hadir dalam acara ini sejumlah tokoh yang merupakan keturunan sortagiri Bupati Dairi   Dr. Eddy  Berutu. Wabup Pakpak Bharat Dr. H. Mutsyuhito Solin , Ahmad Padang, Supardi Padang,Hanafi Padang,Jamula Padang, Sofian Padang,Aslim Pudan Padang,Rustam Padang,St. Ringgas Berutu, St. Daulen Berutu, St. Osman Berutu, H. Senang Efendi Berutu, Zulkarnain Berutu, sejumlah tokoh lain, serta keturunan Sortagiri lainnya.  (Erikson Sirait)