Lokal

Bupati Dairi Dukung Perjuangan Nasib Guru PAUD

Bupati Dairi Bersama Kepengurusan PAUD Propinsi dan Dairi

Sidikalang- Dairi Pers :  Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyebutkan beratnya tugas dan tanggung jawab guru PAUD dalam menciptakan generasi emas belum sepenuhnya diimbangi dengan perbaikan kesejahteraan mereka. “ Saya  bangga guru PAUD terus memperjuangkan propesi mereka hingga ke MK. Pemkab Dairi memberikan perhatian khusus untuk propesi ini akan memperjuangkan kejahteraan para pendidik PAUD”

Demikian Bupati Dairi dalam pelantikan  pengurus daerah HIMPAUDI ( Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini Indonesia) Kabupaten Dairi masa bakti 2019 – 2023 yang di laksanakan pada Jumat (8/11) di Aula SKB Dairi.

Pada pelantikan tersebut turut dihadiri Ketua HIMPAUDI wilayah Provinsi Sumatera Utara, Bupati Dairi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Dairi Fatimah Boangmanalu, S.Pd, perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi serta para pengurus HIMPAUDI Kabupaten Dairi.

Bupati Dairi DR Eddy Berutu dalam sambutannya mengatakan sangat prihatin dengan keadaan guru – guru PAUD . Namun bangga dengan HIMPAUDI yang sampai ketingkat Nasional memperjuangkan posisi PAUD. Para pengurus HIMPAUDI harus bangga karena berani memperjuangkan profesi kita hingga ke Mahkamah Konstitusi.  Guru PAUD juga propesi yang pantas mendapat perhatian sama karena bagian dari pembentukan generasi mendatang” jelasnya.

Pemkab Dairi akan memperjuangkan kejahteraan para pendidik PAUD harus terpenuhi. Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi agar melakukan hal terpenting demi mewujudkan kesejahteraan bagi pendidik PAUD. Karena kita menitipkan anak – anak kita untuk di didik oleh tenaga Pendidik PAUD, dan kita mendelegasikan tugas tersebut kepada pengurus dan tenaga pendidik PAUD. “ Kita meminta dinas pendidikan Dairi memberikan pelayanan, perhtian dan konsentrasi untuk propesi ini sehingga secara bersinersis dapat berjuang untuk perbaikan kesejahterana ke depan “ sebut Bupati.

Ditambahkan Bupati betapa pentingnya generasi emas, betapa pentingnya anak – anak pada usia dini. Sekarang kita masih bisa bertahan, tetapi tidak menjadi jaminan untuk 100 tahun mendatang, itu semua tergantung kepada generasi – generasi muda yang akan memimpin NKRI ini. Sekarang kita lah yang bertanggung jawab untuk memastikan generasi anak usia dini saat ini menjadi lebih baik untuk masa yang akan datang. , Katanya

Sementara itu Ketua HIMPAUDI Kabupaten Dairi Luat Darson Manullang  mengatakan bahwa HIMPAUDI Kabupaten Dairi telah terbentuk selama 2 periode. Periode pertama tahun 2011 – 2015, dan periode kepengurusan HIMPAUDI tahun 2015 – 2019. Namun, fungsi kepengurusan HIMPAUDI selama ini belum maksimal, karena para pengurus HIMPAUDI belum dapat mengerti tata kelola dalam berorganisasi, sehingga sering mengalami berbagai kendala dalam menjalankan tugas utama di dalam HIMPAUDI tersebut.

Luat Darson Manullang berharap HIMPAUDI Dairi ini dapat berjalan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sama seperti HIMPAUDI yang ada di Pusat dan di Provinsi, yang didukung dengan SDM yang mumpuni demi menuju Dairi Unggul.   

Pihak menyampaikan harapan dukung penuh Bupati Dairi  DR Eddy Berutu untuk perbiakan kesejahteraan Guru PAUD di Dairi sehingga  nasib mereka dapat berubah. Disisi lain Luat Darson berharap kelak muncul aturan memberikan kesempatan kepada Guru PAUD diangkat menjadi ASN. (hen)