Sosial

Bupati Dairi Bukber Dengan Umat Muslim

Bupati Dan Umat Muslim Bukber

Sidikalang- Dairi Pers : , Bupati Dairi DR Eddy Berutu  mengadakan buka puasa bersama dengan para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Umat Muslim pada Rabu (20/5) di Pendopo Bupati Dairi. Para Tokoh Agama yang hadir dalam buka puasa bersama tersebut diantaranya Ketua MUI Kabupaten Dairi Wahlin Munthe, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi Drs. H. Saidup Kudadiri, MM, dan puluhan tokoh masyarakat/ tokoh agama.

Bupati Dairi sebelum berbuka menyampaikan  beberapa hal sekaitan  penanganan covid-19 di Kabupaten Dairi.  Pemerintah Kabupaten Dairi telah bekerja dengan penuh ekstra dimana dampak Covid-19 yang dirasakan adalah masyarakat Kabupaten Dairi banyak yang mengalami kesulitan.

“Pemerintah Kabupaten Dairi bekerja dengan sekeras- kerasnya agar segera bisa menyalurkan bantuan sosial kepada warga kita yang mengalami kesulitan,” ujar Bupati Eddy Berutu.

Bantuan sosial dimaksud diantaranya bersumber dari Kemensos RI baik regular maupun non-reguler, BST Kelurahan APBD Dairi, BLT Dana Desa dan Bantuan Sembako Propinsi yang ditujukan bagi masyarakat terdampak pandemi COVID-19

Dalam penyaluran bantuan tersebut dikatakan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, pendataan dilakukan dengan sebaik mungkin sehingga warga yang ada dalam daftar penerima bantuan tersebut adalah benar benar warga yang sangat membutuhkan akan bantuan. Untuk sampai ke titik ini bukan suatu proses yang mudah. Pemkab Dairi dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bekerja non-stop termasuk bekerja di hari libur pegawai yakni sabtu-minggu bahkan sampai malam, melakukan koordinasi ke pusat dan berjenjang hingga ketingkat paling bawah yakni desa dan dusun agar diperoleh data yang baik.

“Untuk bantuan melalui dana desa, kemarin telah Saya salurkan di beberapa desa. Saya instruksikan kepada Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Dairi agar bekerja dengan keras sehingga seluruh desa dapat dipastikan menyalurkan bantuan dana desa tersebut kepada masing-masing warganya,” jelas Bupati .

Dalam pembagian bantuan sosial tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menginstruksikan jajarannya agar menyalurkan bantuan prioritas kepada wilayah yang keberadaan umat Muslimnya banyak karena akan segera memasuki Hari Raya Idul Fitri. Adapun jumlah BLT Dana Desa dan BLT Kelurahan yang diterima oleh setiap warga adalah sebesar Rp. 600.000/KK selama 3 bulan. Selain beberapa bantuan tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan Pemerintah Kabupaten Dairi juga nantinya akan menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam bentuk sembako yang juga akan dibagikan kepada para warga.

Pihaknya menyampaikan tokoh agama dan masyarakat memegang peran penting membantu masyarakat menghadapi pandemic covid19. Para tokoh dapat membantu dengan memastikan dan meneruskan informasi yang benar sehingga semua orang mendapat informasi yang benar dan tidak menyebar hoax atau informasi yang salah.

Acara ini diakhiri dengan buka puasa bersama, suasana penuh keakraban dalam buka puasa bersama sangat terlihat dengan jelas dimana Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu sembari berbincang dengan para tokoh untuk mempererat tali silaturahmi. (Ipen)