Sosial

Bupati Dairi Buat Terobosan, Gangguan Kesehatan Telepon 119

Bupati melepas Balon ke udara pertanda dimulainya PSC di Dairi

Sidikalang- Dairi Pers : Bagi masyarakat Dairi yang mengalami gangguan gawat Darurat kesehatan tidak usah panik lagi. Cukup hubungi nomor 119 maka unit layanan gawat darurat medis yang dinamakan Public Safety Centre (PSC) segera hadir. Peluncuran unit layanan ini dilaukan Bupati Dairi DR Eddy Keleng Ate Berutu senin (5/8) bertempat di depan kantor Bupati Dairi.

Pusat layanan gawat darurat ini bertempat di jalan singamangaraja Dairi persis depan kantor Bupati Dairi.

Peresmian layanan ini dihadiri Unsur Forkopimda Kabupaten Dairi, Wakil Bupati Dairi Jimmy Andrea Lukita Sihombing, SH, Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Sebastianus Tinambunan, SH, M.Pd, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Dairi Ny. Nenny Sebastianus Tinambunan, Asisten dan Staf Ahli Bupati Dairi, Pimpinan OPD dan Camat se-Kabupaten Dairi.

Bupati DR Eddy Berutu dalam pidatonya mengatakan, peluncuran PSC 119 telah ia masukkan ke dalam agenda kerja 100 hari kepemimpinannya bersama Jimmy Sihombing, wakil bupati. PSC 119 Dairi bertugas selama 24 jam nonstop. Untuk itu, ia berharap para petugas PSC 119 senantiasa siaga untuk menanggulangi situasi gawat darurat.

“Gangguan kesehatan masyarakat Dairi bisa terjadi kapan saja. Jalankanlah tugas ini dan selalulah berupaya untuk meningkatkan pelayanan,” sebutnya. Eddy mengatakan, keberhasilan sistem PSC 199 ini butuh dukungan setiap jaringan pelayanan kesehatan di Kabupaten Dairi.

Dikatakan Bupati di Dairi terdapat Puskesmas Pembantu sebanyak 122 unit, Puskesmas Desa sejumlah 102 unit, ambulans Puskesmas Keliling sebanyak 20 unit, ambulans rumah sakit sebanyak empat unit, dan Puskesmas sebanyak 18 unit. Untuk itu, ia berharap koordinasi antar masing-masing instansi terkait mutlak dilakukan. “Tinggalkan ego sektoral dan fokus kepada pelayanan masyarakat,” katanya.

Kepada para camat dan kepala puskesmas yang hadir, Eddy menginstruksikan agar terus mensosialisasikan layanan baru ini kepada masyarakat.

Eddy menambahkan, PSC 119 memiliki moto cepat, tepat, dan selamat. Adapun nomor layanan yang bisa dihubungi, selain 119, adalah 0627-2521808 dan 0823-6888-2119.

Dalam kesempatan itu dilakukan uji coba panggilan terhadap petugas medis melalui nomor layanan. Hasilnya langsung tersambung dan layanan berfungsi sempurna.

Untuk menunjang PSC ini puluhan mobil ambulance disediakan diantaranya mobil banyak yang baru dan siap melakukan tugasnya dalam pelayanan medis khususnya gangguan darurat kesehatan masyarakat. (Hen)