Sains

Bunda Paud Dairi Seminar Parenting Dari Pendopo

NY Romy Mariani saat web seminar di kantor Bupati

Sidikalang- Dairi Pers :  Bunda Paud Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu mengikuti Web Seminar Parenting Video Conference dengan tema Belajar Seru di Rumah Bersama Orang Tua yang diadakan oleh Himpaudi Provinsi Sumatera Utara pada Kamis (11/6) seminar parenting ini  dibuka langsung Bunda Paud Sumatera Utara Ny. Nawal Lubis Edy Rahmayadi . Turut hadir Ketua Himpaudi Provinsi Sumatera Utara Aminah Yunus Rasyid dengan peserta Bunda Paud Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Utara.

Mereka yang menjadi  narasumber dalam web seminar tersebut adalah Ketua Umum Himpaudi Pusat Netti Herawati dengan topik Guru Kreatif, Penggerak Merdeka Belajar, Mengokohkan Peradaban Bangsa dan Pancasila; Anggota Komisi X DPR RI Djohar Arifin Husin dan Direktur Utama ICANDO (Perusahaan Pengembang Aplikasi PAUD) Syaiful Lokan.

Ny. Nawal Lubis Edy Rahmayadi dalam arahannya menyebutkan belum ada kepastian dari Pemerintah Pusat terkait pembukaan sekolah untuk kegiatan belajar. Oleh karena itu, selama menunggu dan belajar dari rumah diharapkan mampu untuk menciptakan metode belajar yang seru sebagai bentuk adaptasi terhadap situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda .

Diharapkan  para orang tua dan guru bersabar di masa pandemi ini. Lakukan koordinasi dan komunikasi yang intens Masa pandemi ini memang berat, tapi jangan sampai kita lalai memperhatikan tumbuh kembang anak-anak kita,” sebut Ny Nawal

Bunda Paud Sumatera Utara berharap para orang tua dan guru fokus dengan hal-hal positif seperti karena  memiliki banyak waktu dengan anak dan memperhatikan tumbuh kembang anak. Sedangkan bagi para guru, dipesankan untuk lebih peka pada perkembangan teknologi dan proses mengajar melalui teknologi digital.

“Saya paham, bagi para orang tua mungkin ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, khususnya para orang tua yang melakukan Work From Home. Tumbuhkan selalu kesabaran dan cari metode-metode belajar yang kreatif agar anak tidak bosan, dan di sisi lain juga tidak mengesampingkan pekerjaan para orang tua,” sebutnya.

Bunda Paud Kabupaten Dairi Ny Romy Mariani  dalam seminar  ini menyebutkan kegiatan PAUD Dairi terus berlangsung dengan memperhatikan protokol kesehatan . “Aktifitas banyak yang tertunda termasuk acara pelepasan murid Paud yang akan segera masuk ke jenjang Sekolah Dasar. Ada yang menerapkannya secara daring dan ada juga yang melaksanakannya secara langsung tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Ny Romy Mariani menyebutkan  telah mengunjungi seluruh Tutor dan Penyelenggara Paud yang ada di 15 Kecamatan  Kabupaten Dairi untuk memberikan bantuan sosial karena hampir seluruhnya Tutor dan Penyelenggara Paud terdampak akibat covid-19 ini. Paud Kabupaten Dairi mengadakan perlombaan bagi para Tutor Paud yang bisa membuat materi atau pembelajaran dari rumah secara online.

“Kompetisi ini kami lakukan juga sesuai dengan arahan dari Himpaudi saat rakor pada beberapa waktu yang lalu. Para tutor paud saat ini sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi tersebut, semoga dalam waktu dekat kita akan bisa melihat kreatifitas dari para tutor paud tersebut,” sebutnya (Hen)