Bisnis

BUMDes Bakal Gajah Sukses, Kades Akui Motivasi Bupati Dairi

BUMDes Gajah Mandiri insert Kades Humitar Sitorus

Sidikalang- Dairi Pers : Mungkin desa Bakal Gajah. Kecamatan Silima Punggapungga kabupaten Dairi salah satu desa percontohan telah berhasilnya program peningkatan ekonomi dan tata kelola BUMDes di Dairi. Sebagai badan usaha milik desa bisnis air kemasan isi ulang telah berhasil mendatangkan profit dan menambah kas desa. “ dimulai rapat desa, usulan dan pemilihan pengelola, kontrol lumayan usaha desa ini lancar dan sudah mencatat untung. Kita ingin mengembangkan potensi desa. Menjadi tuan rumah di desa sendiri. Ini motivasi awal kami”

Demikian Kepala desa Bakal Gajah Humitar Sitorus didampingi Direktur BUMdes Bakal Gajah Sudung Sitorus saat diwawancarai Dairi Pers Senin (9/3)  perihal keberhasilan  desa ini dalam pengelolaan BUMdes. Diuraikan keinginan warga Bakal Gajah adanya usaha desa dalam bentuk BUM Des maka melihat pangsa pasar dan potensi desa yang ada depot air minum sangat dibutuhkan warga.  Maka kita putuskan kala itu BUMDes depot air minum dengan nama Gajah Mandiri. Modal awal tentunya dari dana desa.

Tentunya setelah mempunyai badan hukum dan perangkat kepengurusan maka melakukan pembenahan manajemen. Tentunya semua usaha awalnya tidak mudah namun disinilah dibutuhkan kerja keras , pantang menyerah dan pengawasan. Beberapa kali kita berbenturan dengan berbagai masalah. Namun langkah yang sudah dilakuan tidak bisa berhenti. Butuh memang daya juang yang tinggi  sembil pembenahan manajemen ke dalam. Dan pada desember 2019 hasil laporan keuangan BUMDes ini untung sekitar  Rp. 1 juta lebih.

“ BUMDes ini kita kelola lebih kepada sosial dan pemenuhan kebutuhan masyarakat jadi tidak untuk keuntungan sebesar besarnya layaknya perusahaan swasta” Ujar Direktur Sudung Sitorus.

Saat ditanyakan sumber air dan garansi kesehatan dan kebersihannya Sudung menjelaskan kalau sumber air dari sumur bor yang telah melalui proses penyaringan layaknya standart sterilisasi air minum . “ Kita sudah mendapat sertifikasi dari propinsi sumut dalam hal penyaringan ini . jadi sudah aman dan tidak perlu diragukan” sebut Sitorus.

Sementara itu Kepala desa Bakal Gajah Humitar Sitorus menjelaskan saat kunker bupati Dairi DR Eddy Berutu bulan silam ke Silima Punggapungga Bupati dan ketua PKK Dairi sudah langsung meninjau depot air minum Gajah Mandiri. “ Terimakasih kepada Bupati dan ibu  Ny Romy Mariani kala itu yang telah memberikan kami motivasi, sugestui dan masukan sehingga manajemen BUMDes ini semakin baik.  Latar belakang Pak Bupati yang pengusaha justru memberikan kami banyak tips untuk kesuksesan usaha dan itu mulai kami terapkan di BUMDes Gajah Mandiri ” jelas Humitar.

Terimakasih kami sampaikan dan pada tahun ini BUMDes Bakal Gajah mulai melebarkan sayap setelah PT Jappa membuat kerjasama dengan BUMDes Gajah Mandiri dalam peternakan ayam boiler sistim plasma. “ Kita rencanakan tempat peternakan ayam ini di dusun 1 dan manajemen untuk unit usaha baru ini sudah rampung. Sesuai arahan Bupati kita ingin memberdayakan seluruh tenaga lokal saja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran. Disamping itu pembelajaran wirausaha kepada generasi muda langsung kita pratekkan disini” jelas Humitar.

Tentunya  saudara Better Manurung  kepala Unit Peternakan BUMDes kita harus bekerja keras untuk pemberhasilan peternakan ayam Boiler ini termasuk marketingnya. Tentunya kembali kami dari BUMDes Gajah Mandiri meminta masukan dan arahan Dinas terkait melalui Bupati Dairi   DR Eddy Berutu bagaimana pengelolaan ini mulai dari teknis peternakana hingga pemasaran. Tentunya tekad kita ini berhasil sekaligus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa Bakal gajah. Ini harapan kami dan ini kerja keras kami” sebut Humitar.

Dikatakannya rencana jangka panjang BUMDes ini dengan target sukses tentunya tidak berlebihan berharap perhatian perusahaan lain bekerjasama seperti plasma termauk perushaan tambang yang ada di Silima Punggapunga. “ Intinya kita menunjukkan kinerja dan open manajemen selanjutnya kita berharap dipercayai mampu mengelola maka pihak lain kan melirik dan memberikan kesempatan” sebut Humitar.

Sementara itu kepengurusan BUMDes Gajah Mandiri Direktur Sudung sitorus , Bendahara  Fidel Nainggolan Kepala unit Depot air minum Deni sirait, Kepala unit pangkalan GAS  Ramot Gurning dan Kepala Unit Peternakan    Better Manurung (Agam)