Lokal

Blanko E KTP Kosong, 7.000 Pemohon KTP Dairi Diminta Bersabar

PLT Kadis Catpil Dairi Amudi Naiborhu

Sidikalang-Dairi Pers : Hingga pertengahan januari 2020 blanko E KTP untuk Dairi masih kosong. Namun untuk blanko kartu keluarga sudah tersedia. Bagi pemohon E KTP kita harapkan bersabar karena blanko wajib dari pemerintah pusat dan bukan dicetak di lokal. Demikian PLT Kepala Dinas Catatan Sipil Dairi Amudi Naiborhu saat diwawancarai Dairi Pers Jumat (17/1) di ruang kerjanya.

Dikatakan Amudi permintaan blanko E KTP  untuk Dairi telah lama disampaikan kepada pemerintah pusat. Namun hingga kini belum juga terpenuhi. Meski mendapat kiriman 1000 keping namun peruntukannya masih bagi mereka yang telah melakukan perekaman data saja. “ Masih kita utamakan yang belum pernah punya E KTP. Kalau untuk penggantian dan lainnya masih kita belakangkan sekaitan masih minimnya blanko” jelasnya Amudi.

Dijelaskan Naiborhu Pelayanan berkas administrasi  masyarakat khususnya E KTP meningkat terutama jika mendekati event politik seperti pileg dan pilkada. Disamping itu disebutkan sejumlah hal tekhnis justru membuat permintaan akan blanko E KTP terus terjadi. “ hal yang wajib misalnya seiring bertambahnya usia maka blanko E KTP dibutuhkan bagi penduduk yang sudah memasuki usia 17. Terkadang alamat penduduk yang berpindah, Status misalnya sebelumnya belum menikah namun sudah menikah, hal lain seperti pasangan meninggal dunia memakssa status di E KTP juga harus berganti. Dan paling banyak perubahan nama misalnya sebelumnya namanya hanya satu . namun saat disesuaikan dengan surat baptis atau raport harus ditambah. Maka E KTP juga harus berganti. Demikian bentuk bentuknya maka permintaan E KTP terus meningkat, jelas Naiborhu.

Namun demikian disebutkan Naiborhu untuk blanko KK sudah tersedia dan lancar bagi masyarakat yang ingin mendapatkannya.

Menjawab selalau padatnya antrian pengurusan E KTP di dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Dairi dikatakan Naiborhu memang sudah tidak bisa dipertahankan demikian. Maka cepat atau lambat  pengurusan E KTP harus mengaitkannya ke kemajuan tehnologi. “ Kita berharap bisa mempunyai aplikasi pengurusan E KTP di semua kantor camat.  Jadi masyarakat bisa langsung mengakses untuk pengurusannya. Hal itu akan mengurangi beban dan atrian panjang di Dinas” Pungkasnya (Hen)