Lokal Politik

Begini Tahapan Logistik Pemilu 2019 di Dairi

Ketua KPU Dairi H. Sudiarman Manik

Sidikalang- Dairi Pers : Komisi Pemilihan Umum kabupaten Dairi melaksanakan sosialisasi Tahapan Logistik pemilu tahun 2019 bertempat di KPU Dairi kamis (27/12). Sosialisasi  ini  dipimpin langsung ketua KPU Dairi H. Sudiarman Manik .

Dalam paparannya H Sudiarman Manik menjelaskan untuk logistik pemilu 2019 ada yang diadakan langsung KPU RI, ada yang diadakan oleh KPU Propinsi Sumatera Utara dan ada oleh KPU Kabupaten Dairi. KPU Dairi ingin membangun  integritasnya , melalui pengadaan logistik yang transparan dan akuntabel. Hal ini didasarkan KPU berwenang menetapkan standart Prosedur Kebutuhan pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemungutan suara untuk pemilu 2019.

Dikatakan Sudiarman Manik basis penetapan Logistik mengacu pada DPT 2019.  DPT Dairi untuk pemilu 2019 yang sudah ditetapkan sebanyak 197.436 dimana pemilih laki laki 97.302 sedang pemilih perempuan sebanyak 100.134 dengan total TPS sebanyak  872 di 15 kecamatan di Dairi.

Atas dasar itu KPU Dairi menyampaikan kebutuhan pemesanan percetakan bahkan pendistribusian logistik pemilu 2019 yakni  Pengadaan tahun 2018 KPU RI mengadakan kotak suara, Bilik Suara, Tinta, Hologram dan Segel. Sedang KPU Propinsi Sumut mengadakan sampul dan KPU Dairi mengadakan alat kelengkapan TPS.

Sedang pengadaan Logistik pemilu 2018 yakni non katalog berupa Alat kelengkapan TPS dan DPC/DCT sedang untuk Katalog yakni kotak suara, Bilik Suara., Segel, Hologram, Tinta, Sampul Surat Suara, Formulir dan Buku Panduan.

Untuk tahun 2019 KPU RI mengadakan surat suara, Formulir C6 Asli, Template, DPC Presiden dan Wakil Presiden dan DCT DPR dan DPD. Sedang KPU Propinsi Sumut mengadakan formulir salinan, Formulir Lainnya dan DCT DPRD Propinsi Sumut dan DPRD Kabupaten/kota. Sedang KPU Dairi mengadakan Salinan DCT dan Buku Panduan.

Sedang untuk Pengadaan Logistik Tahun 2019  tahap pertama  yakni kotak suara ,bilik suara ini dilakukan dibulan september 2018 sedang produksi september sampai november 2018. Sedang tahap ke dua yakni segel, hologram tinta dan Sampul  untuk ini dilakukan pemesanan di bulan oktober 2018 produksi september sampai dengan november 2018 dan di distribusikan november 2018 . Sedang  tahap ketiga surat suara, formulir dan buku panduan pemesanan di bulan november s/d Desember 2018. Produksi Januari sampai dengan Februari 2019 dan distribusi bulan februari sampai dengan Maret 2019.

Ketua KPU Dairi H. Sudiarman Manik menyebutkan  perlunya sosialisasi ini karena beberapa permasalahan sering terjadi saat pendistribusian logistik  yaitu kurangnya kordinasi intern perencanaan  kebutuhan( Penganggaran yang tak terduga ) hal itu terkait jadwal pengadaan logistik dan juga minimnya SDM.

Dengan sosialisasi media massa ini dikatakan Sudirman tata kelola logistik yang  lancar tidak terjadi kekurangan dan keterlambatan logistik yang terlibat masalah hukum dan efisiensi anggaran. (Hen)