Hukum

Audiensi P3S, Akhirnya Nota Sewa Jadi Hak Pakai

P3S saat Audensi dengan Bupati Dairi

Sidikalang- Dairi Pers :  Audensi Persatuan Pedagang Pasar Sidikalang (P3S), Senin (23/11) ke Bupati Dairi  akhirnya menyetujui Nota Sewa Jadi Hak Pakai

Bupati Dairi Dr. Eddy Berutu mengatakan polemik yang terjadi di PD Pasar Sidikalang terkait dengan sewa blok A dan blok B harus secepatnya diatasi walaupun secara bertahap. Disampaikan Bupati Dairi Eddy Berutu, nota sewa yang sebelumnya berlaku supaya diganti menjadi hak pakai sehingga beban masyarakat semakin ringan dan dapat meningkatkan ekonomi.

“Melihat kondisi masalalu banyak yang perlu kita bereskan tapi satu persatu sudah bisa kita sepakati bersama. Kita akan terus melakukan pembenahan PD Sidikalang demi terwujudnya pasar yang maju, bersih , tertib dan nyaman sehingga dapat menjadi ikon Kabupaten Dairi dan kebanggaan masyarakat. Selain itu, Kartu Izin Berjualan (KIB) juga harus bisa diperpanjang serta hak pakai gedung setidaknya per 10 tahun,” ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Dairi Dr. Eddy Berutu  juga meminta kepada Bank Sumut supaya membantu pedagang untuk memberikan pinjaman kredit usaha kepada pedagang dengan bunga yang rendah dan dapat dijangkau para pedagang.

“Kami minta kepada Bank Sumut supaya pedagang kita dibantu sehingga masyarakat tidak kesulitan dalam mendapatkan modal usaha” ujarnya.

Ketua P3S Candra Simanjuntak menyampaikan P3S siap mendukung Pemerintah Dairi untuk mewujudkan Pasar Sidikalang yang maju, bersih , tertib dan nyaman sehingga dapat menjadi ikon Kabupaten Dairi dan kebanggaan masyarakat. Disampaikannya, P3S menyadari bahwa kepentingan untuk memajukan Pasar Sidikalang tidak semata-mata tugas pemerintah, pedagang juga memiliki tanggung jawab moral mendukung pemerintah melalui kerjasama kemitraan dan menyampaikan data dan fakta untuk dicarikan solusinya bersama-sama.

“Apapun hasil yang disampaikan oleh Bupati Dairi kami P3S siap untuk mendukung. Namun kami meminta supaya besaran iuran perbulan yang kami bayarkan tidak lebih dari Rp. 40.000-Rp 60.000/bulannya. Kami sudah hitung semuanya termasuk Pajak, uang kebersihan dll namun jumlah yang kami sebutkan adalah kemampuan para pedagang Sidikalang,” sebutnya (Erikson Sirait)