Politik

Arena Pilih Ketua Golkar Sumut Pindah Ke Jakarta

Ijeck kandidat ketua Golkar Sumut

Medan- Dairi Pers : (Musda) X Golkar Sumut yang  beragendakan pemilihan ketua Golkar Sumut  akan digelar di Jakarta pada 6-7 November 2020. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golongan Karya (Golkar) resmi menetapkan jadwal Musyawarah Daerah  tersebut dan pendaftaran calon ketua Sumut dilakukan di DPP Golkar slipi Jakarta.

“Benar, Musda akan digelar di Jakarta,” kata Sekretaris Golkar Sumut, Amas Muda Siregar,. Perihal ini tertuang di dalam surat mandat Nomor: SM – 55/DPP/GOLKAR/XI/2020 yang ditandatangani oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Sekretaris Jenderal Lodewijk F Paulus.

Siregar mengatakan, panitia Musda tengah melakukan rapat untuk kesiapan jelang acara, yang beberapa bulan lalu sempat diundur “Saat ini tim masih melakukan rapat teknis mengenai kegiatan tersebut,” ucapnya.

Nantinya, masing-masing kandidat calon Ketua Golkar Sumut akan mendaftar langsung di Jakarta. Segala ketentuan akan mengacu kepada keputusan dari DPP.

“Nantinya calon akan mendaftarkan langsung di Jakarta, melalui mekanisme dan ketentuan yang ditetapkan oleh panitia musda,” sebutnya.

Berlarut

Mahkamah Partai Golkar sebelumnya membatalkan hasil Musda X Golkar Sumut 24 Februari lalu yang memilih Yasir Ridho secara aklamasi. Mahkamah kemudian memerintahkan Musda ulang. Sejauh ini hanya dua kandidat yang muncul, yakni Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah alias Ijeck dan Ketua Harian DPD I Partai Golkar Sumut, Yasir Ridho Lubis.

Kandidat Yasir Ridho Lubis

Kronologi Persaingan

Persaingan Ijeck dan Yasir Ridho sudah berlangsung lama . Meski Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto telah mengeluarkan fatwa agar Ijeck dipilih secara aklamasi. Namun, perjalanan putra pengusaha H Anif menuju kursi Ketua DPD I Partai Golkar Sumut tidaklah mulus. Banyak rintangan yang harus dilewati.

Saling jegal pun terjadi antara pendukung Ijeck dengan pendukung Yasir Ridho Lubis. Nama Ijeck mulai meramaikan bursa calon Ketua DPD Partai Golkar Sumut ketika ada arahan dari DPP Partai Golkar mengenai jadwal Musda X yang tidak boleh lewat 5 Maret 2020.

Berdasarkan rapat pleno DPD Partai Golkar Sumut, 15 Februari 2020, kata dia, diputuskan pelaksanaan Musda X sebelum 5 Maret 2020. “Kenapa 5 Maret, karena berdasarkan AD/ART Partai disebutkan pelaksanaan musda tingkat provinsi paling lambat 3 bulan setelah musyawarah nasional (Munas),” paparnya.

Setelah melalui beberapa kali pembahasan akhirnya panitia memutuskan Musda X DPD I Partai Golkar Sumut digelar 23-24 Februari 2020 di Hotel JW Marriott. Meski sudah ramai dibicarakan, saat proses pendaftaran bakal calon Ketua DPD I Partai Golkar Sumut dibuka, hanya Yasir Ridho Lubis yang hadir mendaftarkan diri.

Ketua Harian DPD I Partai Golkar Sumut itu mendaftar sebagai bakal calon kedua pada 22 Februari 2020. Sampai pendafataran ditutup Ijeck tidak kunjung mendaftar ke panitia. Alhasil hanya ada calon tunggal. Diyakini Ijeck tidak mendaftar karena terganjal aturan organisasi. Di mana, calon ketua DPD I Partai Golkar Sumut minimal satu periode menjabat pengurus.  ( Hen)