Teknologi

Apple mulai ingatkan pelanggan gunakan aplikasi 64 Bit

Apple mewajibkan aplikasi baru dan lama native 64 bit
Apple mewajibkan aplikasi baru dan lama native 64 bit.

Mulai hari ini, Apple  mengingatkan pelanggan untuk  menggunakan aplikasi 64 bit. Demikian kepada developer , bahwa aplikasi atau update aplikasi yang disubmit ke App Store haruslah support 64 bit mulai awal Juni 2018.  Sehingga aplikasi baru yang disubmit per 31 Januari lalu telah native 64 bit  dan  aplikasi lama yang ada pada App Store, kesemuanya diawal Juni 2018 telah native 64bit.

Bersamaan dengan peringatan ke developer ini, pelanggan yang menggunakan update terakhir macOS  versi 10.13.4, akan mulai mendapatkan pesan peringatan ketika mencoba untuk menjalankan aplikasi 32 bit untuk pertama kali.

Warning ketika mencoba menjalankan aplikasi 32 bit
Warning ketika mencoba menjalankan aplikasi 32 bit

Apple mengharapkan pesan ini akan dapat membantu perusahaan mereka untuk mengingatkan pengguna dan developer bahwa telah tiba saatnya untuk maju ke depan dan meninggalkan kisah lama. Karena semua aplikasi harus sudah support 64 bit ketika dijalankan menggunakan mesin Apple nantinya. Selain itu, kepada developer yang tidak memasukkan aplikasinya ke App Store, tetap diharapkan untuk update aplikasi yang mereka kembangkan agar native 64 bit. Memang apabila peringatan diabaikan, tidak masasalah karena compability 32 bit masih diterapkan pada sistem operasi terakhir. Tetapi nantinya, sistem operasi macOS hanya akan dapat menjalankan aplikasi native 64, dan aplikasi 32 bit tidak akan bisa dijalankan lagi karena fitur compability aplikasi 32 bit ditiadakan.

Menurut techCrunch , transisi ini sebenarnya sudah berlangsung sejak lama. Apple telah memulai transisi semenjak 10 tahun lalu, bahkan ketika prosesor yang mereka gunakan belum Intel seperti saat ini, tetapi masih prosesor Power Mac G5. Jadi Apple klaim hal ini bukanlah suatu transisi yang dipaksakan bagi developer.

Anda apabila pengguna dapat mengabaikan peringatan ini, tetapi bagi developer sangat diharapkan peringatan ini bermakna. Dikarenakan mulai Juni 2018, aplikasi mereka tidak akan dapat disubmit ke App Store. Developer akan kehilangan pengguna mereka dan akan memilih aplikasi mirip yang disediakan dan telah native 64 bit.

Tag
def