Ekonomi

Aneh Dirut PD Pasar Dairi Mundur “ Berjemaah” , Jegal Program Kerja 100 Hari ?

Bupati Eddy Saat monitoring Pasar pasca mendenga Pasar Sidikalang jorok dan panuh sampah

Sidikalang- Dairi Pers : Secara mengejutkan tiga direktur PD Pasar Dairi tiba tiba mengundurkan diri dari jabatannya selasa (31/7). Pengunduran diri itu dilakukan pada hari hari terakhir program kerja 100 Hari Eddy- Jimmy . Adakah ini langkah manuver jegal program kerja 100 hari atau ada sesuatu misteri dibalik pengunduran berjamaah ini? Namun berkembang isu kalau puluhan tenaga honorer di PD Pasar ini sudah setengah tahun tidak gajian.

Tiga petinggi PD Pasar Dairi yang tiba tiba mengundurkan diri itu yakni Teruna Sembiring. Direktur yang satu ini sebelumnya diketahui ASN dan pernah menjadi kepala dinas Kesbang Linmas Pemkab Dairi.  Meski sebagai ASN namun diketahui Teruna cukup dekat dengan Bupati Dairi yang lama Jhonny Sitohang.  Beberapa fotonya juga terciduk saat kampanye pilkada silam mendukung salah seorang calon Bupati.

Sementara itu Ramses Situmorang juga dikenal mantan ASN dan dikenal sangat dekat dengan Bupati lama. Ramses pernah menjabat sebagai kepala dinas kependudukan Dairi. Dikenal aktif dalam organ isasi marga dan masih terkait ikatan famili dengan pemimpin lama.

Sedang Pasuria Pardede dikenal memang pengurus Golkar Kabupaten Dairi. Meski bukan ASN namun Pasuria Pardede sudah langsung dipercayakan bertugas di PD pasar Dairi sejak Jhonny Sitohang menjabat bupati Dairi di tahun tahun awal era 2009. Pasuria Pardede merupakan istri dari salah seorang kepala dinas dilingkungan pemkab dairi yang hingga kini masih aktif.

Hingga kini belum diketahui alasan sebenarnya  ketiga petinggi PD Pasar Dairi ini  mengundurkan diri dari jabatan empuk itu. Alasan yang disampaikan dalam pengunduran diri hanya alasan normatif saja .Namun sebagai catatan ketriganya dilantik dan diangkat oleh SK bupati Jhonny Sitohang.

Menyikapi pengunduran diri Direksi Perusahaan Daerah (PD) Pasar,  Bupati Dairi DR Eddy Keleng Aste Berutu mengeluarkan surat penonaktifkan ketiga direksi PD Pasar  tersebut. dan menugaskan  Sekretaris Badan Pengawas PD Pasar Kabupaten Dairi Tahun 2015-2020 sebagai Penjabat Direksi sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah.

Bupati Dairi melalui Penjabat Direksi PD Pasar Kabupaten Dairi meminta agar seluruh Kepala Divisi dan para karyawan tetap bekerja  sebagaimana mestinya sambil menunggu hasil audit dan penataan organisasi selanjutnya. Berkaitan inventaris/aset PD Pasar Kabupaten Dairi, Direksi non aktif harus menyerahkannya paling lambat 3 hari setelah surat diterima yakni selambatnya pada hari Senin 5 Agustus 2019.

Program 100 Hari

Sebagai mana diketahui pemerintahan Eddy Jimmy telah membuat program kerja 100 hari dimana salah satunya pembenahan pasar Sidikalang. Pembenahan pasar dilakukan terpadu oleh lintas SKPD untuk penertiban dan memfungsikan pasar secara maksimal.

Namun demikian ditengah masyarakat Dairi keberadaan PD Pasar dinilai kalau perusahaan daerah ini justru menjadi tempat para kroni penguasa masa lalu. Dari personil yang ada PD pasar juga dinilai sebagai tempat penampungan dan identik berapiliasi terhadap penguasa masa lalu. Propesionalisme pengelola mulai dari direksi hingga staf sangat diragukan. (Hen)