Teknologi

Akses website diblok, gunakan cara ini

Pemerintah meminta kita untuk #DiRumahSaja. Tentu kadang membosankan. Penulis yakin internetan solusi kebanyakan untuk sekedar menghabiskan waktu. Sayangnya, terkadang akses ke situs yang ingin kita buka diblok oleh ISP. Saya akan menerangkan bagaimana cara terbaik agar anda tetap membukanya.

Bagaimana anda mengakses website

Saat anda mengakses website, yang pertama anda lakukan adalah buka web browser. Kemudian anda mengetikkan alamat website yang anda ingin buka. Misalkan detik.com pada kasus ini. Sewaktu anda ketikkan kemudian diklik, Web browser pertama akan menanyakan dimana alamat sebenarnya dari detik.com pada sebuah sistem yang disebut DNS. DNS akan melihat sistemnya apakah punya alamat IP dari detik itu. Apabila tidak dimilikinya, DNS akan menanya ke authorative DNS, yang pemegang hak veto dari website yang anda inginkan alamat aslinya. Authorative DNS akan membalikkan jawaban dengan sebuah alamat IP kepada DNS, kemudian DNS mengembalikannya ke browser. Itulah simpelnya, walau sebenarnya ada beberapa langkah saya lewati semisal request ke root dan tld.

Setelah mendapatkan alamat IP, browser akan menuju alamat tersebut untuk melakukan request, kemudian server dengan alamat IP tersebut akan mengirim respon/balasan dengan halaman yang anda inginkan ke browser. Contoh cara kerja DNS itu di kehidupan kita misalkan seperti ini. Kita mau ke kantor Bupati, kita perlu tahu dimana alamat aslinya. Kita tanya ke DNS, “DNS, saya ingin tanya dimana alamat kantor Bupati”. DNS akan merespon “Oh.. Alamat sebenarnya kantor bupati adalah JL. Sisingamangaraja no 127.

Mengapa harus serepot itu ?

Karena kita susah apabila menggunakan alamat sebenarnya. Katakan detik.com. Akan lebih mudah kita mengingat detik.com dibandingkan alamat aslinya 103.49.221.211 . Kalau anda ragu, coba buka browser dan masukkan alamat sebenarnya 103.49.221.211 , maka akan menuju detik.com juga.

Bagaimana ISP memblokir website

Saat ini, provider melakukan pemblokiran dengan menggunakan metode DNS ini. Saat anda tersambung ke internet, ISP akan otomatis menambahkan DNS default pada sistem kita. Jadi katakan kita ingin membuka website, kita tanyakan DNS default itu, tapi DNS diperintahkan untuk tidak memberikan alamat IP aslinya tapi alamat IP lain atau tidak memberikan data apapun karena website itu diblok. Adakah cara extreme untuk memblok ? Ada, tapi cara inilah paling simpel.

Pemerintah kita telah mendaftarkan alamat yang dilarang pemerintah pada situs trustPositif di situs ini dan harus dipatuhi ole ISP di Indonesia. Anda bisa download atau seraching untuk melihat apabila diblok pemerintah apa tidak. Misalkan reddit.com, disaat kita cek, pemerintah melarang website ini. Perhatikan screen shoot dibawah ini :

Cara bypass blokir website

Telah banyak tutorial diinternet tentang ini, tetapi saya hanya menulis yang menurut penulis adalah cara terbaik. Apabila anda menggunakan PC/Desktop dan menggunakan browser Firefox, cara tercepat adalah klik Menu Tools / Option, terdapat configurasi Network Setting. Setelah anda klik Setting, dibagian DNS over HTTPS, pilih CloudFlare. Perhatikan gambar dibawah ini.

Setalah anda OK, cobalah searching di google, search sebuah website yang terblok, maka anda dapat membuka alamat tersebut.

Bagaimana apabila anda menggunakan mobile (Android/IOS) ? Clouflare mempunyai aplikasi di playstore bernama 1.1.1.1 . Cari dan instal aplikasi tersebut. Setelah anda instal anda akan menemukan tampilan seperti gambar dibawah, dan slide ke kanan tombol ditengahnya agar tersambung.

Bagimana Cara Kerjanya ?

Dengan cara tersebut, disaat browser mengakses sebuah website, browser tidak lagi meminta alamat IP asli dari DNS yang disediakan oleh provider. Tetapi akan menggunakan jalur khusus teracak ke server 1.1.1.1 yang dimiliki oleh Cloudflare. Sehingga alamat IP yang kita terima akan tetap alamat sebenarnya dari website tersebut apabila DNS yang disediakan ISP sebenarnya memblok website tersebut.

Mengapa tidak menggunakan VPN Murni ?

Kalau diperhatikan cara tersebut adalah cara terbaik karena kecepatan tidak terlalu dikorbankan. Web browser akan tetap mengakses langsung alamat IP dari server. Jadi tanpa perantara.

Nah, disini bedanya. VPN kita menggunakan perantara. Untuk keamanan , saya akan sarankan ini. Karena request tidak lagi langsung dari kita, tapi menggunakan perantara server. Misalkan seperti ini. Kita ingin mengakses detik. Kita tidak akses langsung, tapi meminta VPN melakukannya. “VPN, minta tolonglah mintakan dulu halaman dari detik”. VPN akan mengatakan “Ini bro, sudah kuminta”. Seperti itu kira2.

Menggunakan perantara pasti ada yang dikorbankan. Kecepatan akan berkurang pastinya. Kedua, kalau anda menggunakan VPN gratisan yang banyak beredar, saya sarankan jangan. VPN hanya baik apabila anda membayar bulanan. Lagipula mempercayakan sepenuhnya ke penyedia VPN gratisan justru akan berbahaya bagi kita.

Segi keuntungannya VPN, anda akan tidak dapat dideteksi oleh website yang anda tuju. Jadi sumber akses tidak dapat diketahui oleh siempunya website tersebut. Tapi sekali lagi, apabila anda membayar bulanan.

Anda ngotot VPN, gunakan WARP

Kalaupun anda ingin agar menggunakan full VPN dan gratis, saya menyarakan aplikasi 1.1.1.1 tadi. Dibagian bawah aplikasi, ada menu untuk enable WARP. Memang terbatas batasan download per bulannya, tetapi menurut penulis, itu sudah cukup.

Apakah ini ilegal ?

Tidak. Cara yang digunakan ini tidak ilegal. Tetapi website yang anda buka itu mungkin ilegal.