Lokal

7 OPD Dairi Sah Gunakan Hak Akses Pemanfaatan Data Kependudukan

Sekda Menyerahkan user id dan password

Sidikalang – Dairi Pers : Sekda Dairi Drs. Leonardus Sihotang serahkan secara resmi user id dan password Hak Akses Pemanfaatan Data Kependudukan kepada 7 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Dairi, Ruang Rapat Setdakab Dairi Jl. Sisingamangaraja No. 127 Sidikalang, Jumat (30/04).

OPD yang menerima user id dan password Hak Akses Pemanfaatan Data Kependudukan seperti Badan Pendapatan Daerah Dairi, Dinas Kesehatan Dairi, Dinas Pendidikan Dairi, Dinas Sosial Dairi, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Ketenagakerjaan Dairi, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan Dan Perikanan Dairi  dan RSUD Sidikalang.

Hadir dalam acara kegiatan tersebut Kaban Pendapatan Dairi Harryson F Sirumapea, AP, M.Si, Kadis Kesehatan dr. Ruspal LR Parluhutan Simarmata, Kadis Pendidikan Drs. Jonni Waslin Purba, Kadis Sosial Drs. Parulian Sihombing,  Kadis Penanaman Modal, PTSP dan Naker Drs.Marisi Sianturi, M.Si, Kadis Pertanian, Ketapang dan Perikanan Ir. Efensi Berutu, Kadis Kominfo Rahmat Syah Munthe, S.STP, M.Si, Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dan Direktur RSUD Sidikalang dr.Sugito Panjaitan yang juga didampingi seluruh operator dari 7 OPD.

Sekda Dairi Drs. Leonardus Sihotang mengatakan user id dan password hak akses data kependudukan yang diserahkan adalah hak untuk mengakses elemen data kependudukan secara real time seperti nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, status perkawinan, golongan darah, jenis pekerjaan dan alamat dengan metode web portal melalui jaringan komunikasi data tertutup yang disediakan oleh Dinas Kominfo Dairi.

“Data merupakan hal yang sangat penting dan vital untuk berhasilnya pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di Kabupaten Dairi karena tanpa data, cita-cita dan harapan mewujudkan dairi unggul tidak dapat diwujudkan. Oleh karena itu, diharapkan OPD yang telah mendapat Hak Akses Data Kependudukan dapat bekerja berdasarkan data kependudukan yang telah disediakan agar tujuan yang dimaksud tepat sasaran”, jelasnya

Sekda Dairi meminta  Dinas Kominfo Dairi agar seluruh data kependudukan yang akan diakses OPD dari Dinas Dukcapil benar-benar aman dan memastikan jaringan komunikasi data tertutup (VPN) ke 7 (tujuh) OPD tersebut berjalan lancar. 

Kadis Dukcapil Dairi Deddy Situmorang, SE, M.Si dalam laporan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari Permendagri No.102/2019 tentang Pemberian Hak Akses dan Pemanfaatan Data Kependudukan dan Surat Dirjen Dukcapil Kemendari No. 470/3616/DUKCAPIL tanggal 18 Maret 2021 hal Hak Akses Data Kependudukan kepada 7 (tujuh) OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Dairi, bahwa Dirjen Dukcapil Kemendagri telah menyetujui penggunaan Hak Akses  Pemanfaatan Data Kependudukan kepada 7 (tujuh) opd di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Dairi sehingga hari ini dilaksanakan penyerahan secara resmi.

“Maksud dan tujuan kegiatan yang dilakukan saat ini adalah memberikan kemudahan kepada OPD memanfaatkan data kependudukan dalam pelayanan publik di Kabupaten Dairi dan mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi pada 7 (tujuh) OPD dalam melakukan verifikasi dan validasi data yang berhubungan dengan Data Kependudukan”, jelas Deddy Situmorang. (Erikson Sirait)