Kriminal

6 TSK Percobaan Pembunuhan Keluarga Polisi di Lau Kersik Dairi Ditangkap

6 Tersangka pelaku percobaan Pembunuhan Keluarga mantan polisi di Dairi dihadirkan dalam press release di Mapolda

Sidikalang- Dairi Pers : Sebanyak 6 orang tersangka penyerang keluarga purnawirawan polisi Aiptu Bangkit Sembiring di desa lau kersik, Kecamatan Gunung Sitember, Kabupaten Dairi diamankan Personil Poldasu dan polres Dairi sabtu (15/6) dari berbagai tempat di Medan.  Poldasu bersama polres Dairi melakukan press release di Mapoldasu sumut senin (17/6) perihal pengamanan ke 6 tersangka yang sudah buron sejak akhir mei 2019 tersebut .

Dalam press release di hadiri Dir Krimum Polda Sumut Kombes Andi Ryan S.I.K, Wadir Krimum Polda Sumut Akbp Donald Simanjuntak S.I.K, Kapolres Dairi Akbp Erwin Wijaya Siahaan, S.I.K, Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, Kasat Reskrim Polres Dairi Akp Jenggel Nainggolan, SH, MH, Kanit Tipiter Sat Reskrim Polres Dairi Ipda Hardi H. Sianipar, SH, Para Personil dan Penyidik Reserse Kriminal Umum Polda Sumut., Personil dan Penyidik Satuan Fungsi Reskrim Polres Dairi.

Dalam press realese disebutkan ke enam orang tersangka pelaku percobaan pembunuhan terhadap keluarga purnawirawan polisi di gunung sitember itu yakni  Bambang Harianto warga aceh Tamiang diamankan tanggal 15 juni sekira pukul 03.00 Wib . Berdasar keterangan tersebut tersangka lainnya berhasil di ciduk  Wagino dari simpang selayang, Medan,  Selanjutnya Boyman  Sitinjak , Joni Ginting dai kawasan sawit seberang langkat, Bonansa Siagian dari kawasan amplas, Sarikat Tarigan dari Plaza milenium . Sementara itu satu barang bukti  satu unit mobil Avanza warna Hitam BK 1733 QB, pemilik an. Surya Ginting Turut diamankan polisi.

Kapolres Dairi AKBP Erwin Wijaya saat memberikan keterangan pers di mapoldasu

Untuk Penyidikan lebih lanjut serta untuk melengkapi berkas penyidikan kemudian kepada para pelaku Penyidik menerapkan pasal “Pasal 340 subs 338 Jo 53 lebih subs 170 ayat (2) ke 2 subs 354 ayat (1) dari KUHPidana dan atau Pasal 76 huruf C Jo Pasal 80 ayat (2) dari Undang-undang RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang perubahan Kedua atas Undang – undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan anak menjadi Undang – undang” Ancaman Hukuman 10 (Sepuluh) Tahun Kurungan Penjara.

Percobaan Pembunuhan

Sebagai mana diketahui percobaan pembunuhan terhadap keluarga Purnawirawan Polisi Aiptu (Purn) Bangkit Sembiring (59) di Dusun Lau Kersik, Desa Bukit Lau Kersik, Kecamatan Gunung Sitember, Kabupaten Dairi Jumat (31/5/2019) sekira pukul 03.00 WIB.

Purnawirawan itu beserta istri dan tiga anaknya dibacok dan dipukuli mengunakan parang dan linggis secara membabi buta. Akibatnya, Bangkit beserta istri dan satu anaknya, Ristiani br Samosir (49) dan Abraham Sembiring (10), mengalami luka bacok dan terpaksa dilarikan ke RSUD Sidikalang. Korban Bangkit dan anaknya Abraham dirujuk ke RSUP H Adam Malik Medan.

Korban Bangkit Sembiring mengalami luka benda tajam di bagian kepala. Sedang anaknya bernama Abraham Sembiring masuk ke RSU Dairi tanggal 1 Juni 2019 sekitar jam 02.00 WIB, dengan kondisi yang sama luka sajam di kepala .

Dua anak lainnya Sembiring (20) dan Maria Keke br Sembiring (17), juga mendapat pemukulan dan mengalami luka-luka.

Sementara itu informasi yang berhasil dikumpulkan sebelumnya kalau  korban Bangkit mengaku tengah berselisih paham terkait masalah tanah dengan seseorang bermarga S dan seorang lagi berinisial ST. Diakui sebelumnya mereka pernah mendapat penyerangan. Namun, berbentuk perusakan.

Dikatakan dirinya dengan pria bermarga S terlibat sengketa tanah warisan. Sementara, ST berperan sebagai otak pelaku perusakan rumah dan mobilnya. Antara S dan ST, masih ada hubungan kekerabatan.

Dikatakan Bangkit lagi, kasus tersebut sudah ia laporkan ke polisi dan sudah tahap P-21. Namun sayang, pelaku bebas berkeliaran dan tidak ditahan kejaksaan.  (Hen)