Lokal

6 KSM Pelatihan di Bappeda Dairi, Terima Dana Rp.350 Juta

Kegiatan Pelatihan KSM untuk SPAM 2021 di Bappeda Dairi

Sidikalang-Dairi Pers: Pelatihan Fasilitator KSM ( Kelompok Swadaya Masyarakat)kegiatan SPAM padat karya Tahun 2021 berlangsung kamis(04/11/2021)  digedung aula  Bappeda Dairi. Pelatihan SPAM padat karya ini dikuti 6 kelompok yakni KSM Satahi, KSM lae rambung, KSM  lae Simande,KSM Lau Martubung, KSM  Sada Ukur, dan KSM  Kita Sada Kata.

Pelatihan ini diikuti  pengurus KSM , kordinator kabupaten dan fasilitator masyarakat (FM) didampingi oleh  Bappeda(badan perencanaan pembagunan daerah)  Dairi yang diwakili  kabid pemerintahan dan pembangunan manusia Koko Angkat  bersama kabid perekonomian,sumber daya alam infranstuktur dan kewilayahan Leo Sianturi

Narasumber dari kegiatan palatihan spam padat karya tahun 2021  dipandu Inggot Sidabariba koordinator tingkat kabupaten Dairi. Dalam arahannya  menerangkan bahwa Tujuan penyelenggaraan Program SPAM Perdesaan Padat Karya adalah Menyediakan sarana penyediaan air minum yang terjangkau dan berkelanjutan bagi masyarakat yang belum memiliki akses air minum yang aman .

Disamping itu Meningkatkan pendapatan keluarga melalui keterlibatan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam pelaksanaan pembangunan sarana penyediaan air minum dan meningkatlan pendapatan dan menurunkan angka stunting.

Koko Angkat,menegaskan kapada kelompok KSM agar kegiatan SPAM yang sedang tahap pekerjaan dikerjakan semaksimal mungkin sesuai dari petunjuk teknis lapangan pekerjaan maupun gambar pekerjaan. Hal itu agar mendapatkan hasil yang lebih baik oleh si penerima pemanfaat SPAM.

Koko  berharap  koordinator kabupaten Dairiagar  kegiatan SPAM lebih transfaran dimasyarakat,dan publikasi media.

Inggot Sidabari menyebut bahwa 6 kolompok masing-masing mendapatkan jumlah anggaran sebesar Rp. 350 juta . Sementara dana  masih percairan tahap pertama.sedang progres pekerjaan sudah rata-rata mencapai 50 persen” terangnya

Inggot  berharap kepada KSM  selalu berkordinasi  kepada pihak koordinator lapangan apabila ada kendala di kegiatan SPAM tersebut, kordiantor siap membantu dan turun langsung ke lokasi pekerjaan untuk membantu Kelompok KSM,agar mendapatkan hasil yang lebih baik.(Erick sirait)