Hukum

3 Proyek Dishub Dairi, 2 Diduga Untuk Keluarga Oknum Kadis

contoh Deliniatur

Sidikalang- Dairi Pers : Dugaan praktek nepotisme dalam penunjukan rekanan pengerjaan borongan di dinas perhubungan Dairi terus bergulir. Setelah sepekan public Dairi dihebohkan dengan pekerjaan proyek pembuatan pengaman jalan yang dikerjakan CV Imoya PM dimana  diketahui pemiliknya masih keluarga oknum kadis perhubungan Dairi Datulam Padang . Ternyata proyek lainnya pembuatan  patok besi (Deliniatur) di kecamatan Pegagan hilir, Dairi diduga dikerjakan keluarga oknum kadis . Namun diproyek Penghunjukan Lansung  ini diduga keluraga oknum kadis ini menggunakan perusahaan lain untuk mengelabui praktek nepotisme yang terjadi.

Kadis Perhubungan Dairi Drs. Datulam Padang, MM

Hasil penelusuran Dairi Pers menyebutkan proyek pembuatan  patok besi (Deliniatur) di kecamatan Pegagan hilir, Dairi senilai Rp. 191.500.000 dikerjakan bersamaan dengan  pengerjaan pembuatan pengaman jalan yang dikerjakan CV Imoya PM yang bersumber dari dinas perhubungan Dairi. proyek pembuatan  patok besi (Deliniatur) juga diberikan kepada  Friend Maju Manik yang tak lain adalah pengurus badan usaha CV Imoya PM.

Waktu pengerjaannya sendiri juga bersamaan dan bersumber dari APBD Induk dinas perhubungan Dairi dengan pekerjaan bulan September 2020.

Namun diduga untuk mengelabui public untuk proyek pembuatan  patok besi (Deliniatur) senilai Rp. 191.500.000 di kecamatan Pegagan hilir itu menggunakan perusahaan lain yang dipinjam .Dengan demikian diduga pengerjaan proyek di dinas ini sarat nepotisme.

proyek pengaman jalan CV Imoya di desa Tumanggor Rp. 186 juta

Sinyal itu semakin kuat ketika Dairi Pers mendapat informasi bahwa alamat kantor perusahaan yang digunakan di jalan air bersih Sidikalang justru diketahui rumah anak kandung oknum kepala dinas Perhubungan Dairi Drs. Datulam Padang, MM.

Sementara itu data yang diperoleh Dairi Pers menyebutkan kalau di dinas perhubungan Dairi pasca refocusing anggran akibat Covid 19. Dinas ini hanya memiliki  3 perkerjaan proyek . Ketiganya proyek penghunjukan langsung (PL) . Dari tiga proyek yang ada diduga 2 paket proyek dikerjakan keluarga oknum kadis Perhubungan Dairi.

kantor CV Imoya di Jalan air Bersih Sidikalang belakangan rumah ini ternyata ditempat anak Oknum kadis Perhubungan Dairi

PPK 2 Hari Tidak Berkantor

Sementara itu Dairi Pers yang mencoba mengkonfrimasikan alasan dan keberadaan tiga proyek yang PPK dijabat oleh Mora S. Bako yang juga menjabat sebagai kasubag keuangan dinas perhubungan kab,Dairi sejak Rabu ( 25/ 11) tidak masuk kantor. Demikian juga untuk kepentingan konfirmasi saat dijumpai pada kamis (26/11) juga tidak masuk kantor.

Infromasi yang didapatkan dari sejumlah staf dinas perhubungan jika PPK kegiatan tersebut Mora S. Bako jarangan absen masuk kantor sebelumnya. Namun sejak masalah proyek di dinas tersebut mencuat ke media yang bersangkutan menjadi jarang berkantor. (Hen)