Lokal

27 Ribu Ton Pupuk Subsidi Dairi Siap Disalurkan

Bupati Dairi dan wabup bersama ketua TP PKK Dairi suatu saat saat panen padi

Sidikalang- Dairi Pers : PLT Kepala Dinas Pertanian Dairi Bintoha Angkat, SP menyebutkan Alokasi pupuk bersubsidi untuk tahun 2020 telah turun dari pemerintah pusat dan didistribusikan ke petani. Kepada petani yang memiliki Kartu Tani dapat langsung membeli pupuk bersubsidi sedang bagi yang belum mendapatkan kartu tani tetap dapat memperoleh pupuk asal didampingi petugas penyuluh pertanian Kamis (23/1) di ruang kerjanya

Dikatakan Bintoha  jumlah  alokasi pupuk bersubsidi sebanyak 27.701 ton .  Jumlah itu sesuai Surat Keputusan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara nomor 521.3/08.09/SAPRA tentang Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi Tahun Anggaran 2020. Dikatakan  untuk  urea harga Rp. 1.800/ Kg,  SP-36 Rp. 2000/Kg, ZA Rp. 1400/kg, NPK Rp.  2300 dan Pupuk kandang Rp. 500. Harga tersebut berlaku  untuk tingkat pembeli di kios resmi untuk semua pupuk kemasan 50 Kg  sedang untuk pupuk  organik /  untuk kemasan 40 kg.

Sedang jumlah alokasi pupuk tersebut  jenis urea 11.802 ton, SP-36 2.450 ton, ZA 2.916 ton, NPK 6.135 ton dan organik 4.398 ton.  Dikatakan pupuk bersubsidi ini khusus untuk petani yang sudah tergabung dalam kelompok tani dan dapat menggunakan kartu tani.  Pupuk bersubsidi dilarang diberikan kepada perusahaan tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, perternakan dan perikanan budidaya.

Dikatakan Bintoha Angkat ,SP berkaitan dengan penyaluran pupuk maka dilakukan tim pengawasan dan pelaporan dalam hal ini Tim Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3)  . Hal itu untuk memastikan pupuk benar benar tiba ditangan petani.  “ Kita siap untuk melakukan pengawasan dan monitoring  sehingga pupuk ini benar benar tepat sasaran.  Tentunya penyaluran ini tepat waktu musim tanam kwartal pertama untuk Dairi” jelasnya.

Penyaluran pupuk pertahunnya sudah kita susun berdasarkan RDKK. Untuk 15 kecamatan di Dairi . Untuk bulan januari 2020 untuk pupuk urea dialokasikan sebanyak 1063 Ton, Untuk SP-36 sebanyak 224 Ton, untuk ZA 154 Ton, Pupuk NPK sebanyak  528 Ton dan pupuk organik  203 Ton. “ demikian seterusnya jumlah alokasi pupuk sudah lengkap per bulannya sepanjang 2020 . Kita berharap semua petani bisa semangat dan lebih konsen dalam pengolahan tanah untuk budidaya pertanian” sebutnya.

Plt Kadis Pertanian Dairi Bintoha Angkat, SP

PPL dan Pengawasan Masyarakat

Plt Kadis Pertanian Dairi Bintoha Angkat, SP menyebutkan keberhasilan penyaluran pupuk sesuai alokasi sangat ditentukan PPL dan pengawasan  dari masyarakat. Sektor pertanian dalam pemerintahan Eddy- Jimmy disebutkan sebagai salah satu pilar utama peningkatan kesejahteraan masyarakat Dairi yang umumnya hidup dari sektor pertanian.

Tentunya barang subsidi rentan untuk disalahgunakan oknum jika pengawasan lemah. Disamping pengawasan dari pemerintah Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3), tentunya peran  masyarakat juga juga sangat menentukan dalam memastikan pupuk bersubsidi sampai ditangan yang tepat. Kita berharap semua memberikan perhatian” Katanya

Sekaitan dengan kartu tani yang menjadi  program Bupati Dairi Eddy Berutu dikatakan sudah tersalur sebanyak 12 ribu di empat kecamatan, yakni kecamatan Sidikalang, Berampu, Sitinjo dan tengah berlangsung di kecamatan Siempat Nempu Hulu. “ Kita rencanakan dalam waktu secepatnya semua kecamatan sudah tersalur sehingga memudahkan petani dalam mengakses pupuk maupun bantuan lain dari pemerintah” sebutnya (Hen)

def