Politik

23 Pilkada di Sumut, 3 Daerah Calon Tunggal

Logo pilkada Serentak

Sidikalang-Dairi Pers : untuk pilkada serentak tahun 2020 diikuti 23 kabupaten/kota. Untuk pilkada tahun ini sebanyak tiga daerah dinyatakan hanya diikuti calon tunggal. Pasangan calon (paslon) tunggal  tersbut akan melawan kotak kosong.

Tiga daerah yang hanya diikuti caloin tunggal   yakni Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Kota Gunungsitoli dan Pematangsiantar. Untuk Pilkada Humbahas 2020, pendaftar hanya diikuti petahana Dosmar Banjarnahor sebagai calon bupati yang berpasangan dengan Oloan P Nababan.

Kemudian pasangan petahana Lakhomizaro Zebua-Sowa’a Laoli yang menjadi satu-satunya calon wali kota dan wakil wali kota Gunungsitoli. Terakhir yakni pasangan Asner Silalahi-Susanti Dewayani untuk Pilkada Pematangsiantar 2020.

Sementara itu Komisioner KPU Ilham Saputra  menyebutkan Jumlah daerah yang terdapat calon tunggal sebanyak 25 kabupaten/kota se Indonesia

Menurutnya, data ini merupakan hasil pembaharuan tentang tahapan pendaftaran Pilkada Serentak 2020 hingga penutupan masa perpanjangan pendaftaran pada Minggu (13/9) pukul 24.00 WIB. Sebelumnya, KPU memperpanjang pendaftaran bagi 28 daerah yang hanya terdapat calon tunggal. (Hen)