Lokal

120 KK Terima Bantuan BLT Dana Desa Sosor Lontung

Bupati Dairi saat berada di Desa Sosor Lontung

Sidikalang- Dairi Pers : 120 KK warga desa sosor lontung kecamatan siempat nempu kabupaten Dairi menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa . , Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bersama dengan Unsur Forkopimda Kabupaten Dairi turun langsung membagikan BLT Dana Desa tersebut yang kali ini dilaksanakan di Desa Sosor Lontung, Kecamatan Siempat Nempu pada Kamis (21/5).

Pembagian BLT Dana Desa tersebut dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Sosorlontung yang turut dihadiri oleh Dandim 0206 Dairi Letkol Arh. Hadi Purwanto, SH, Perwakilan Polres Dairi, Camat Siempat Nempu Landong Napitu, Kepala Desa Sosor Lontung Budi Simanullang serta dari Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Dairi.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam arahannya mengatakan Presiden Joko Widodo telah mengintruksikan kepada seluruh Kepala Daerah di Indonesia agar dana desa yang ada disetiap desa dialokasikan untuk bantuan sosial.

“Anggaran tersebut diperuntukkan hanya bagi masyarakat yang kesulitan ataupun terdampak akibat covid-19. Oleh karenanya para Kepala Desa bersama dengan Camat telah melakukan pendataan terhadap warga kita yang tidak terdaftar pada bantuan sosial kemensos tetapi karena covid-19 mengalami kesulitan dan pendataan itu dilakukan dengan sebaik-baiknya,” ujar Bupati

Bupati Eddy mengatakan telah menginstruksikan kepada seluruh para Kepala Desa di Kabupaten Dairi agar memasang atau memampangkan nama- nama penerima bantuan agar masyarakat dapat melihat karena masyarakat yang lebih kenal satu dengan yang lainnya. Untuk jumlah BLT Dana Desa yang akan dibagikan tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan setiap warga yang terdata akan menerima bantuan dana desa sebesar Rp. 600.000 selama 3 bulan ke depan.

Dengan tersalurnya BLT Dana Desa tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Berutu memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada seluruh jajarannya karena telah bekerja dengan ekstra bahkan bekerja dihari libur seperti saat ini agar penyaluran BLT Dana Desa tersebut dapat tersalurkan kepada seluruh masyarakat yang telah terdata.

Kerja keras yang dilakukan oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Dairi tersebut dikatakan Bupati Dairi Dr. Eddy Berutu tak terlepas dari rasa kebersamaan dan gotong royong sesuai dengan tema yang telah ditentukan yakni Mari Jaga Persatuan Kobarkan Semangat Gotong Royong. Terkait dengan penyaluran BLT Dana Desa tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu langsung menginstruksikan kepada Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Dairi untuk bekerjasama dengan Camat Siempat Nempu agar penyaluran BLT Dana Desa tersebut dapat segera diselesaikan sebelum tanggal 28 Mei 2020 di Kecamatan Siempat Nempu.

Dalam  kesempatan tersebut Bupati menghimbau dan mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut agar selalu menerapkan pola hidup sehat sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah mengingat hingga saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan covid-19.

“Mari kita atasi penyebaran covid-19 ini dengan cara mencegah, selalu pakai masker jika ingin keluar rumah, rajin cuci tangan dan tetap lakukan social distancing (jaga jarak) dimanapun kita berada,” sebutnya

Kepala Desa Sosor Lontung dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk Desa Sosor Lontung jumlah warga penerima BLT Dana Desa terdapat sebanyak 120 KK dan telah melalui tahap tahap yang ditentukan sesuai dengan prosedur.

Untuk penyaluran BLT Dana Desa di Desa Sosor Lontung, Pemerintah Kabupaten Dairi bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Sidikalang dimana nantinya para penerima bantuan akan mendapatkan buku tabungan atas nama masing-masing serta mendapatkan Kartu ATM BRI yang akan digunakan untuk transaksi pengambilan bantuan tersebut. (Ipen)