Peristiwa

10 Hektar Hutan Silalahi Terbakar

Kebakaran Hutan di Silahi Sabungan

Sidikalang- Dairi Pers : Kebakaran hutan sekitar hutan Silahi sabungan kembali terjadi lagi kamis (19/3). Kali ini kebakaran hutan terjadi malam hari dan  kebakaran hutan cukup luas sekitar 20 hektar . Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bersama  Unsur Forkopimda Kabupaten Dairi meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Dusun Situhus, Desa Paropo Kecamatan Silahisabungan pada Kamis (19/3).

Kebakaran hutan dan lahan tersebut terjadi dilokasi tersebut pada Rabu (18/3) sekitar pukul 19.30 wib yang mengakibatkan lahan terbakar kurang lebih 10 hektar. Kebakaran hutan dan lahan tersebut yang terjadi pada malam hari berhasil dipadamkan pada Kamis (19/3) sekitar pukul 06.30 wib.

Upaya  pemadaman api yang dilakukan secara manual pada malam hari oleh Satgas BPBD Kabupaten Dairi yang dibantu oleh Babinsa, Kepolisian, Aparat Desa dan masyarakat setempat. Pemkab melakukan komunikasi dengan menghubungi Manggala Agni Sibolangit, menghubungi BPBD Provinsi Sumatera Utara, menghubungi Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara ( KPH Sidikalang ). Selain itu, pemadam kebakaran juga diturunkan untuk mencegah  pemadaman karena mendekati  lahan dan pemukiman penduduk. Kendala di lapangan yang dihadapi saat melakukan pemadaman adalah medan yang sangat curam  sehingga mempersulit pemadaman api.

Bupati Dairi malam kejadian sempat meminta  Waterbooming untuk pemadaman kebakaran. Namun utrusng dilakukan karena api akhirnya berhasil dipadamkan .

Dalam peninjauan kebakaran .Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu didampingi  Dandim 0206 Dairi Letkol. Arh. Hadi Purwanto, SH dan Kapolres Dairi AKBP. Leonardo David Simatupang, S.I.K  Dalam kesempatan tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Silahisabungan untuk tetap selalu berhati hati dan waspada dengan tidak melakukan pembakaran lahan secara sembarangan. (Hen)