Peristiwa

1 Positif Covid di Sidikalang, Himbauan Yang Kontak Agar Isolasi Mandiri Membingungkan

Sidikalang- Dairi Pers :  Satu orang warga Kelurahan  Sidiangkat, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi dinyatakan positip terpapar Covid 19 setelah melakukan swab test di salah satu rumah sakit swasta di Medan . Hasil pemeriksaan diketahui 12 juni 2020. Tim gugus akhirnya menghimbau warga yang pernah kontak dengan penderita agar dengan kesadaran sendiri melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Warga akhirnya menjadi bingung karena sama sekali tidak mendapatkan infromasi lebih detail berkaitan nama dan alamat jelas penderita dimaksud. Meski protokoler UU kesehatan menyebutkan melindungi catatan medis pasien namun bagi masyarakat awam himbauan demikian dianggap membingungkan.

Warga Sidiangkat yang dinyatakan positif covid-19 itu disebutkan tim gugus Covid 19 Dairi sebelumnya antara tanggal 3 dan 8 juni melakukan pengurusan SIM ke lantas polres Dairi dan sempat berobat ke salah satu dokter perseorangan di kota Sidikalang.

Dr Hardi kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Dairi dinas kesehatan Dairi mengakui kalau tim gugus telah melakukan tracking kepada 4 personil polres Dairi dengan rapid test dan hasilnya non reaktif.

Sementara itu pantauan Dairi Pers di media sosial sekaitan deegan kasus positif covid 19 ini menjadi perbincangan dan sejumlah informasi dugaan akan pasien dimaksud menjadi liar.  Pengguna media FB dalam beberapa akun menyebut kalau pasien yang bersangkutan sebelumnya datang dari Bali. Dugaan akan nama dan alamat pasien dimaksud berkembang namun tidak  jelas.

Namun dari sekian banyak komentar tidak satupun berani memastikan nama dan alamat pasien dimaksud. Sementara kelurahan sidiangkat cukup luas dengan jumlah penduduk ribuan orang.

Minimnya informasi akan nama dan domisili pasien dimaksud justru membuat bingung apalagi dikaitkan dengan himbauan tim gugus covid Dairi meminta wraga yang pernah kontak dengan pasien agar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dengan kesadaran sendiri.

Warga berharap sekaitan dengan ditemukannya kasus serupa  infromasi akan pasien dimaksud agar lebih lengkap tanpa melanggar UU kesehatan. Namun setidaknya inisial dan lokasi dusun disampaikan sehingga himbauan agar warga yang pernah melakukan kontak dengan kesadaran melakukan isolasi mandiri selama 14 hari tidak membingungkan. (Hen)